SELAMAT DATANG DI BLOG PENAMBANG ILMU

Minggu, 17 Oktober 2010

Tugas Tambahan Geografi SMAN 6 MALANG

A.Pilihlah jawaban yang tepat!

1.Pengetahuan geografi diyakini sudah lama dikenal manusia. Pernyataan ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa . . .
a.peta lokasi telah dibuat manusia prasejarah
b.manusia prasejarah telah dapat membuktikan bahwa Bumi itu bulat
c.untuk bertahan hidup, manusia harus berinteraksi dengan lingkungan
d.di Yunani telah muncul geograf pada abad Sebelum Masehi
e.manusia prasejarah harus berpindah-pindah mencari makan dan tempat tinggal
2.Pengalaman dan pengetahuan manusia yang diperoleh dari perjalanannya ke tempat lain didorong oleh . . . .
a.keingintahuan akan tempat lain
b.keharusan manusia berinteraksi dengan lingkungan alam
c.usaha memenuhi kebutuhan manusia yang di daerahnya sendiri tidak tersedia
d.kebutuhan manusia yang banyak macamnya
e. jiwa petualangan
3.Penelitian dan penggalian informasi geografi yang merupakan hasil dokumentasi dari perjalanan ke tempat lain dilakukan pertama kali oleh seorang geograf bangsa Yunani Kuno bernama . . . .
a.Herodotus
b.Phytheas
c.Eratosthenes
d.Hippocrates
e.Thales
4. Sumbangan Eratosthenes dalam geografi adalah . . . .
a.pendapatnya bahwa Bumi itu bulat
b.pendapatnya bahwa Bumi itu datar
c.pendapatnya bahwa Bumi itu berlapis-lapis
d.pendapatnya bahwa Bumi itu diselimuti lapisan udara
e.pendapatnya bahwa Bumi itu satu-satunya planet yang dapat ditinggali
5.Siapakah peletak dasar geografi modern yang menyatakan objek studi geografi adalah semua fenomena di Bumi, baik organik maupun anorganik, yang berkaitan dengan kehidupan manusia?
a.Immanuel Kant
b.Alexander von Humboldt
c.Karl Ritter
d.Friederich Ratzel
e.Paul Vidal de la Blache

6.Seseorang melakukan penelitian mengenai pengaruh kemiringan lereng terhadap proses pembentukan tanah. Menurut Varenius penelitian itu termasuk ke dalam aspek . . . .
a.Atmosferis
b. Litosferis
c.Astronomis
d.Terrestrial
e.Komparatif
7.Manakah kegiatan manusia di bawah ini yang sesuai dengan teori kemungkina (posibilisme) dari Paul Vidal de la Blache?
a.Sistem pertanian ladang berpindah diawali dengan cara membakar hutan.
b.Nelayan berangkat berlayar menangkap ikan ketika angin darat bertiup.
c.Penduduk yang tinggal di daerah pantai dapat mengusahakan lahannya sebagai tambak ikan atau tambak garam.
d.Pertanian di daerah gunung dilakukan dengan sistem terasering.
e.Lahan pertanian tradisional banyak dibuka di daerah tepian sungai.
8.Berikut ini contoh konsep esensial geografi menurut Whiple yang berhubungan dengan interaksi kelompok masyarakat pada tingkat sejenis, hingga menimbulkan istilah daerah elite, daerah kumuh, daerah campuran adalah . . . .
a.Bumi sebagai planet
b.variasi wilayah
c.cara hidup
d.arti penting lokasi
e.keunggulan komparatif
9.Penduduk dunia cenderung menempati wilayah-wilayah yang banyak memiliki cadangan air dengan topografi yang datar. Dalam geografi, fenomena ini sesuai dengan salah satu konsep esensial menurut J. Warman yaitu . . . .
a.lokasi relative
b.keunikan areal
c.perubahan yang kontinu
d.biosfer
e.keunggulan komparatif
10.Konsep esensial geografi yang menunjukkan hubungan berbagai elemen fisik atau keragaman aktivitas manusia sehingga membentuk suatu jaringan yang konstan adalah . . . .
a.Kewilayahan
b.keunggulan komparatif
c.biosfer
d.perubahan yang kontinu
e.keunikan areal

B.Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1.Perkembangan geografi melalui beberapa tahap. Jelaskan perbedaannya di tiap tahap perkembangan!
2.Konsep geografi berkembang secara signifikan. Bagaimana konsep geografi berdasarkan seminar Lokakarya Geografi di Semarang tahun 1988?
3.Bagaimanakah peranan konsep esensial dalam pembelajaran geografi? Jelaskan pula konsep esensial yang diungkapkan oleh J. Warman?
4.Apa alasan utama kita mempelajari geografi?
5.Ruang lingkup geografi adalah geosfer. Apa yang dimaksud dengan geosfer? Berikanlah contoh gejala maupun fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan geosfer!

Tidak ada komentar: